Manfaat Blog untuk Pemilik Toko Online

Apa yang disarankan oleh tools seo checker, jika memiliki toko online jangan lupa bahkan dianjurkan untuk memiliki blog. Jangan khawatir dengan kesulitan untuk menulis, semua ada jalannya, itupun bagi anda yang bisa dikatakan tidak ada waktu atau kurang pandai menulis seperti saya. Banyak cara untuk bisa mengisi blog.

Di sini lain, akan menambah kesibukan. Namun tidak apalah. Ini bagian dari sebuah usaha yang erat hubungannya dengan pemasaran dan branding, baik untuk personal sebagai pemilik maupun untuk toko itu sendiri.

Istriku, pemilik Toko Online Batik Ganitri mengikuti saran dari alat tersebut. Dia minta dibuatkan blog dengan atas namanya. Akhirnya saya buatkan sebuah blog dengan domain https://www.lelly.id dengan nama Catatan Lelly. Tujuannya selain mengikuti saran, juga sebagai ajang ekspresi dan membuat catatan penting yang sekiranya bisa di share.

Blognya Lelly

Ini Manfaat Blog untuk Pemilik Toko Online

  • Konten sebuah online shop kadang terbatas. Pada saat upload sebuah produk terlebih produk sendiri suka mentok ide untuk mendeskripsikan sesuatu. Selain itu “hawa”nya juga kok ya mendadak sulit untuk memberi keterangan yang panjang lebar. Sebetulnya ini adalah kekeliruan karena deskripsi sebuah produk yang akan dijual sebaiknya sedetil mungkin. Jika dalam hitungan jumlah kata, sebaiknya minimal 250 kata. Nah inilah yang kadang di belakang kemudian timbul ide untuk memberikan keterangan tambahan atau daya tarik yang bisa jadi kurang pas jika dimasukan ke dalam konten keterangan barang yang akan dijual. Blog adalah solusinya, baik yang menjadi bagian toko online maupun yang dibuat secara terpisah di domain sendiri.
  • Bagi pemilik, akan memberikan pengaruh dalam memberikan kepercayaan ketika kita memberikan uraian detil seperti halnya proses pesanan atau order, serta beberapa hal yang dianggap perlu dalam mendukung penjualan. Akan memberikan kesan terbuka. Nama akan menjadi lebih populer karena jika kita pandai mengelola blog tidak tertutup kemungkinan untuk dikujungi banyak orang dan mengenal pemiliknya. Mereka yang menyukai tidak akan segan untuk berlangganan dengan berbagai media seperti email, feed, fans page, follow twitter dan instagram yang memberikan link informasi yang menuju kepada blog.
  • Bagi toko online selain memberikan link-link, juga memberikan pemahaman dalam sebuah keterangan produk dan perusahaan. Blog menjadi area untuk mendiskusikan dengan pelanggan karena ada media diskusi dalam sebuah komentar. Mereka dapat bertanya, memberikan usulan serta support untuk penyempurnaan sebuah toko yang berasal dari pengunjung bahkan pelanggan.
  • Blog sebagai sarana untuk prelaunching sebuah produk yang akan dijual dalam waktu yang akan datang. Sangat menyuntungkan bagi pemasar yang kreatif karena akan memberikan kepenasaranan kepada pelanggan baik dari sisi bentuk maupun harga serta tingkat kemanfaatannya.
  • Blog bisa menjadi media ekspresi untuk mendapatkan input ketika kita memiliki ide-ide dan akan semakin kaya jika kita memiliki pergaulan dalam arena blogosphere yang cukup meriah, atau yang terbentuk karena komunitas yang saling berkunjung seperti Warung Blogger, misalnya.
  • Blog memberi kemungkinan yang lebih besar untuk mendapat tempat di search engine karena salah satunya adalah panjang tulisan yang detil serta informatif. Selain itu blog juga memiliki konten yang dinamis karena jika update setiap saat secara rutin akan mendapat perhatian dari mesin pencari sebagai pemasar yang baik hati.
  • Blog akan membentuk sebuah persahabatan yang unik sesama blogger.

Masih banyak manfaat lain. Ini hanya sedikit dari apa yang menurut saya cukup penting dan memberikan nilai tambah jika Pemilik Toko Online memiliki sebuah blog. Saya pernah membuat kontes menulis manfaat blog untuk anda. Coba aja searching, mereka yang blognya masih menyimpan arsip tersebut akan ditemukan cerita-cerita menarik tentang blog tersebut berdasar versi mereka.

 

 

Leave a comment